Monday, February 23, 2015

STRATEGI MENEMBUS SNMPTN 2015

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM PTN) ini menjadi salah satu jalan favorit untuk bisa menempuh pendidikan tinggi negeri, kebijakan yang memberikan kouta sangat besar yakni 50 % dari mahasiswa baru yang akan diterima di PTN.  Nilai Semester 1-5 menjadi point utama dalam menseleksi calon mahasiswa baru lewat jalur SNMPTN .
Dalam SNMPTN calon mahasiswa harus pandai membaca peluang, sebaiknya calon mahasiswa mengamati jumlah peminat tahun sebelumnya dan daya tampung pada setiap jurusan di universitas yang dipilih. Kemudian, buatlah rasio atau persentase kelulusan.
Contoh, jurusan Manajemen di Universitas Pink memiliki 3.000 peminat dan daya tampung 60 orang sehingga rasionya adalah 1:50.
Sementara itu, Jurusan Manajemen di Universitas Beureum diminati 1500 orang dan daya tampungnya  15 orang sehingga rasionya jadi 1:100.
Dengan demikian, persaingan jurusan Manajemen di Universitas Beureum dibandingkan dengan jurusan yang sama (Manajemn) di universitas Pink akan jauh lebih ketat.
Bagi Calon Mahasiswa baru jalur SNMPTN disarankan untuk memilih jurusan yang sama di SMA-nya meskipun ada beberapa jurusan yang menerima calon mahasiswanya dengan lintas jurusan di SMA-nya.


No comments:

Post a Comment

Twitter Facebook

 
Creative by IWAN HERMANA || STUDIO Otak-Atik ||